Pemakaian Although dan Even Though dalam Bahasa Inggris-Although dan even though ialah conjunctions dan mempunyai makna yang serupa. Ke-2 kata itu dipakai untuk awalnya pada subordinate clause, dan ekspresikan tindakan di main clause seperti surprising, unusual, atau unexpected.
Pemakaian Although dan Even Though dalam Bahasa Inggris
- She drives one handcar…(main clause)
- …even though she’s a multi-millionaire. (subordinate clause)
Contoh di atas, mengatakan jika a millionaire drives one hand car.
Kita dapat mengawali dengan subordinate clause tanpa mengganti arti:
- Even though she’s a multi-millionaire, she drives one handcar.
Contoh yang lain:
- Although/even though/though the weather is not good, I will meet you at the campus
- I meet you at the campus, although/even though/though the weather is not good
- Although/even though/though she was much younger than me, she won the game
- She won the game, although/even though/though she was much younger than me.
Dalam bicara bahasa Inggris kadang kita memakai though dibanding although. Kita bisa memakai even though dibanding although/though untuk menambahkan penegasan
Although dan though (tetapi bukan even though) bisa memiliki arti but dan however. Saat kita memakai though dalam kerangka, harus ditaruh di akhir satu kalimat. They had sent him a warning, although he was still trying to explain himself.
- They had sent him a warning. He was still trying to explain himself, though. (informal)
- They had sent him a warning. However, he was still trying to explain himself.